PT Multi Sinar Adamar

Mengapa Rumah sakit membutuhkan Pneumatic Tube System?

Sep 11, 20
#adamar#pneumatic#pipalogistik#rumahsakit#swisslog#pneumatictubesystem

Mengapa Rumah sakit membutuhkan Pneumatic Tube System?

Sebelum membahas tentang Pneumatic Tube System (PTS), mari kita menjawab pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana sistem pengantaran sample darah/urine, dll dari ruang perawatan ke laboratorium?
  2. Bagaimana sistem pengantaran obat dari Instalasi Farmasi hingga ke ruang perawatan pasien?
  3. Bagaimana sistem pengantaran kantong darah dari Bank Darah menuju ruang operasi?

Bila perawat/tenaga kesehatan yang akan mengantar sendiri, maka mari kita menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hal tersebut? Berapa jarak yang harus ditempuh? Bagaimana keamanan material-material yang dibawa secara manual?

Kendala yang sering kita alami ketika kita melakukan pengantaran secara manual antara lain:

  1. Jarak yang cukup jauh. Tenaga kesehatan harus memboroskan energi untuk tugas sederhana yang bukan tugas esensial nya.
  2. Waktu tempuh. Lamanya pengantaran bisa menyebabkan material yang sensitive menjadi rusak dan membuat waktu tunggu pasien menjadi lama, sehingga menurunkan Turn Around Time (TAT) pelayanan.
  3. Pemborosan listrik terutama di Gedung vertical yang menggunakan lift, contohnya petugas harus mengambil sampel darah dari ruangan dan mengantar ke laboratorium ataupun mengambil obat dari farmasi ke ruangan secara berkali-kali.

Kendala-kendala tersebut dapat kita atasi dengan mudah menggunakan PTS.

PTS merupakan sarana transportasi untuk mengirim material (sample lab, kantong darah, obat, dll) dari ruangan satu ke ruangan lainnya dengan menggunakan tenaga udara melalui jalur pipa dan dikontrol secara Computerized.

Dalam hitungan detik PTS dapat mengirimkan material tersebut. Kecepatan dan keamanan telah diperhitungkan dengan baik sehingga dapat menjamin material yang dikirim sampai ke ruanagan tujuan dalam keadaan utuh. Fleksibilitas PTS memungkinkan instalasi dalam gedung, antar gedung dan dilakukan di gedung yang baru dibangun maupun di gedung yang sudah ada.

Pneumatic Tube System adalah solusi bagi Institusi dengan pergerakan material yang tinggi, sehingga proses pengantaran dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan aman.