PT Multi Sinar Adamar

Teknologi untuk Floor Stock System yang Optimal dan Teraktual di Rumah Sakit

Sep 06, 22
#smartdrawer#automation#adamar#floorstocksystem

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, salah satu sistem distribusi sediaan farmasi, alat kesehatan dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) adalah floor stock system. Dalam prakteknya, saat ini floor stock system kembali banyak digunakan di rumah sakit luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan lain-lain. Sistem ini tidak sepenuhnya diterapkan di setiap ruangan, tetapi lebih ke ruangan yang membutuh kecepatan dalam proses penanganan pasien seperti Intensive Care Unit (ICU), Operating Teather (OT) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Di Indonesia sendiri penerapan kembali floor stock system masih menjadi pro dan kontra akibat kelebihan dan kekurangannya. Sistem ini akan sangat membantu proses pelayanan di ruangan menjadi lebih cepat akan tetapi bagi Departemen Farmasi, hal ini akan membuat proses pengelolaan dan pengawasan terhadap sediaan farmasi menjadi lebih sulit.

PT. Multi Sinar Adamar memberikan solusi untuk problem pelayanan kesehatan tersebut. Floor stock system yang ada di rumah sakit akan didukung menggunakan produk Stockart® Smart Cabinet, yang akan membantu dalam floor stock system sehingga dapat mempercepat proses pelayanan pasien di ruangan. Setiap proses penyiapan obat akan tetap melalui proses screening, verifikasi dan validasi oleh apoteker melalui sistem informasi rumah sakit dan software dari Stockart® Smart Cabinet itu sendiri, sehingga aspek keamanan dalam proses penyimpanan, dispensing dan administrasi obat ke pasien tetap terjamin.