PT Multi Sinar Adamar

Otomatisasi pada Unit Dose Dispensing untuk Pelayanan pada Pasien yang Lebih Baik dan Efisien

Feb 28, 23
#automation#adamar#leanhospital#pillpick#udd

Unit Dose Dispensing (UDD) merupakan salah satu sistem distribusi obat kepada pasien yang disarankan oleh Peraturan Menteri Kesehatan nomer 72 tahun 2016 tentang Standard Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. UDD memberikan banyak manfaat, antara lain

  1. Distribusi obat kepada pasien dapat diefisiensikan karena pada saat adanya pergantian terapi, akan dapat langsung terakomodir pada pemberian obat berikutnya.
  2. Mengurangi kejadian pengembalian obat ke farmasi karena obat yang tidak digunakan lagi ataupun obat diganti dengan obat lain.
  3. Mengurangi biaya yang harus ditanggung oleh rumah sakit dalam proses penyiapan obat
  4. Mengefisiensikan waktu kerja yang harus dilakukan oleh perawat dan farmasi sehingga dapat lebih fokus ke pelayanan kepada pasien.

Akan tetapi selain keuntungan di atas, UDD juga memiliki kelemahan, yaitu dibutuhkannya sumber daya manusia yang cukup besar untuk penyiapan obat-obatan dan alat kesehatan untuk pasien. Selain itu UDD juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga dapat menyebabkan kelelahan terhadap SDM dan meningkatkan kemungkinan terjadinya medication error.

PT. Multi Sinar Adamar memberikan solusi kepada rumah sakit untuk efisiensi proses UDD. PillPick® merupakan alat yang membantu proses UDD mulai dari proses penyiapan (menggunting obat dan mengemas dalam kemasan Unit Dose), memberikan identitas ke kemasan obat (nama obat, expired date, nomer batch dan barcode), menyimpan obat, dan melakukan dispensing obat sesuai dengan resep dokter dengan mengambilkan seluruh obat, memberikan informasi tambahan seperti nama pasien, tanggal lahir dan nomer kamar, kemudian obat akan dijadikan satu dalam sebuah patient ring.

Proses yang dibantu oleh PillPick® ini akan membantu SDM di rumah sakit untuk lebih fokus kepada pelayanan di pasien dan mengurangi kemungkinan terjadinya medication error.