PT Multi Sinar Adamar

Dua Pilar Untuk Mendukung Proses Lean Hospital

Sep 21, 20
#solusirumahsakit#rumahsakitindonesia#lean#leanhospital#leanmanagement

Lean Management dalam pengertian mengacu pada teknik yang dikembangkan dengan tujuan meminimalkan pemborosan proses dan memaksimalkan nilai suatu produk atau layanan kepada pelanggan, tanpa mengurangi kualitas. Sistem lean diterapkan di banyak bidang, salah satunya di bidang pelayanan kesehatan (rumah sakit) atau biasa disebut dengan Lean Hospital.

Lean Hospital merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi rumah sakit dengan cara mengurangi aktivitas yang tidak berharga dan meningkatkan aktivitas nilai.

Menurut Mark Graban dalam bukunya edisi ke-2 tahun 2009, terdapat 2 pilar untuk mendukung proses lean berjalan dengan lancar, yaitu:

  • Total Elimination Of Waste
  • Respect Of People

Total Elimination Of Waste yang dimaksud adalah menghilangkan kegiatan proses yang tidak ada nilainya di rumah sakit, berikut 8 sampah yang dapat diidentifikasi:

  1. Defect (Cacat) - Waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu yang tidak benar, memeriksa kesalahan, atau memperbaiki kesalahan

  2. Over Productions (Produksi berlebih)- Melakukan lebih dari apa yang dibutuhkan pelanggan atau melakukannya lebih awal dari yang diperlukan

  3. Transportation (Transportasi)- Pergerakan produk yang tidak diperlukan dalam sistem (pasien, spesimen, material

  4. Waiting (Menunggu) - hingga acara atau pekerjaan berikutnya selesai

  5. Inventory (Persediaan) - Biaya kelebihan persediaan dalam biaya keuangan, biaya penyimpanan dan pemindahan, produksi yang rusak, produksi yang dibuang

  6. Motion (Pergerakan)  - Pergerakan karyawan yang tidak dibutuhkan dalam suatu sistem

  7. Over Processing (Proses berlebih) - Melakukan pekerjaan yang tidak dihargai pelanggan, atau karena definisi kualitas tidak disesuaikan dengan kebutuhan pasien
  8. Human Potential (Potensi Manusia) - Pemborosan dan kerugian akibat tidak memberdayakan karyawan, mendengarkan ide-ide mereka, atau mendukung karier mereka

Respect To People adalah cara untuk mendorong karyawan agar termotivasi dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan cara yang konstruktif.

Jika pilar-pilar tersebut dapat dilaksanakan dengan baik maka perubahan yang terjadi adalah penurunan biaya rumah sakit, kepuasan dan keselamatan pasien akan meningkat.

Kesimpulan Lean Hospital dari manajemen rumah sakit

Manajemen lean hospital lebih sering diterapkan dalam pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu tunggu serta meningkatkan kepuasan pelanggan dan karyawan. Rumah sakit dan bisnis lain di bidang perawatan kesehatan harus berkembang menjadi perusahaan modern untuk bertahan di masa depan industri yang berubah cepat ini. Manajemen rumah sakit yang menerapkan lean hospital menawarkan banyak kemungkinan kepada para pemimpin untuk mendirikan organisasi perawatan kesehatan yang profesional dan didorong oleh proses.