PT Multi Sinar Adamar

Bedside Verification di tangan Anda

Sep 10, 20
#mednest#smartdrawer#automation#adamar#bedsideverification

Akurasi pemberian obat kepada pasien merupakan hal yang wajib dilakukan. Identifikasi pasien secara komputerisasi dapat menjadi pilihan pendukung akurasi tersebut. Mednest hadir dengan barcode scanner serta medical drawer yang tersistem secara komputerisasi, hal tersebut dapat mendorong pasien safety. Pencocokan identitas pasien dengan obat yang telah diresepkan oleh dokter dapat dilakukan secara akurat dan cepat di samping tempat tidur pasien. Pencocokan tersebut dapat kita sebut sebagai Bedside Verification.

Bedside Verification merupakan sebuah metode administrasi medis yang mendukung pelayanan untuk mengurangi kesalahan medis (medication error). Memastikan identifikasi pasien beserta obat yang akan diberikan, verifikasi alergi yang dimiliki pasien, mengecek ulang dosis obat yang akan diberikan, hal tersebut dilakukan dengan menggunakan dokumen medis elektronik (electronic medical record) milik pasien.

Pentingnya Bedside Verification untuk pasien.

  1. Bedside Verification merupakan metode automasi sebagai sebuah cara untuk meningkatkan keamanan pasien (Patient Safety) dan mencegah kesalahan medis (Medication Error).
  2. Dengan mengurangi angka kesalahan medis maka dapat menurunkan biaya penanganan dari kesalahan medis tersebut.
  3. Bedside Verification memastikan identifikasi pasien dengan pengobatan/resep yang diberikan dapat tercatat secara keseluruhan termasuk jam pengobatan tersebut.
  4. Dengan Bedside Verification, dokumen medis pasien dapat diakses secara elektronik (e-rekam medis). Hal tersebut dapat memudahkan rumah sakit dalam mengelola data pasien.

Product pendukung Bedside Verification

Adapun produk yang dapat mendukung Bedside Verification dengan kecanggihan yang dimilikinya. MedNest merupakan electronic drawer yang dapat membantu pelayanan dokter/perawat saat melakukan visitasi pasien rawat inap, dikombinasi dengan Capsa healthcare dengan fleksibilitasnya dapat dijadikan sebagai sarana mobilitas computer.

Prosedur penggunaan Mednest Drawer dengan Capsa Healthcare Medical cart.

Dalam melakukan visitasi pasien, dokter/perawat membutuhkan Capsa Medical Cart dan MedNest Electronic Drawer sebagai sarana mobilitas electronic rekamedik yang terdapat pada computer. Untuk mencegah kesalahan identifikasi pasien dalam perawatan maupun pemberian obat, dokter/perawat dapat melakukan scan barcode di gelang pasien, maka informasi identitas pasien akan muncul di layar komputer.

Selain itu, Drawer MedNest di design secara computerized secara canggih. MedNest electronic drawer terdiri dari 7 laci yang memiliki fitur canggih yaitu computerize lock yang tidak akan terbuka secara manual. Setiap drawer dapat digunakan untuk satu nama pasien yang akan dikunjungi dan dapat diatur setiap sebelum melakukan kunjungan. Saat dokter/perawat melakukan scan barcode di gelang pasien maka hanya drawer milik pasien tersebut yang akan terbuka, yang lain tetap terkunci sehingga pasien akan menerima obat/resep sesuai dengan yang diresepkan tanpa khawatir tertukar atau salah membuka laci. Setelah melakukan verifikasi identitas pasien, maka dapat melakukan verifikasi obat yang akan diberikan yaitu dengan scan barcode pada obat yang akan diberikan. Kemudian computer akan melakukan konfirmasi bahwa obat telah diberikan pada pasien pada hari, tanggal dan waktu yang tercatat secara otomatis.

Kecanggihan tersebut membantu dokter/perawat dalam mencegah medication error pada saat melakukan proses dokumentasi, pemberian obat maupun pencatatan status. Selain itu, proses pencatatan dan peresepan obat bisa dilakukan saat itu juga sehingga menghemat waktu dengan menyederhanakan pekerjaan ringan.