PT Multi Sinar Adamar

Era Baru untuk Rekam Medis Elektronik Indonesia

Sep 22, 22
#rumahsakit#leanhospital#leanmanagement#electronicmedicalrecord

Rekam medis merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari suatu pelayanan kesehatan. Dalam perkembangan jaman, Electronic Medical Record (EMR) wajib dimiliki oleh fasilitas pelayanna kesehatn dan hal ini dijabarkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomer 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Hal ini tidak hanya berlaku untuk Rumah Sakit, melainkan Fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti praktek dokter, puskesmas, klinik, apotek, laboratorium dan lain-lain.

Akan tetapi pelaksanaan EMR ini biasanya masih belum ditunjang dengan proses yang efisien. Contohnya di rumah sakit, setelah melakukan visite, dokter biasanya tidak akan langsung menuliskan hasil pemeriksaannya di EMR akan tetapi dokter melakukan akan visite pasien yang lain. Hal ini tentu saja akan memungkan terjadinya kesalahan dalam penulisan EMR karena ditumpuknya seluruh pasien yang divisit. Selain itu, bila dokter menuliskan EMR setiap setelah pemeriksaan 1 pasien di komputer nurse station, maka hal ini akan membuang waktu dan tenaga karena harus mondar-mandir di bangsal.

PT. Multi Sinar Adamar memberikan solusi untuk membantu mengefisiensikan proses penerapan EMR ini. Produk Medication and Documentation Trolley dari Capsa Healthcare dapat membantu tidak hanyak efisiensi dari pelaksanaan EMR, akan tetapi juga efisiensi proses administrasi obat yang dilakukan oleh perawat. Selain itu, trolley ini dapat ditambahkan tempat penyimpanan untuk obat dengan pilihan central locking ataupun individual locking.